• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Artikel

BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) PENYUSUNAN PROGRAM KERJA SEKOLAH


bimtek1Sudin Dikmen Kota Jakarta Timur di akhir- akhir ini  meningkatkan pembinaan terhadap SMA Swasta di wilayah Kota Jakarta Timur, salah satu kegiatan pembinaan tersebut adalah Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Program Kerja Sekolah (PKS). Kegiatan ini dimaksudkan agar para Kepala SMA Swasta se Jakarta Timur memiliki kemampuan menyusun PKS yang baik sesuai kebutuhan.Untuk merealisasikan kegiatan ini Sudin

Dikmen Kota Jakarta Timur menunjuk SMA Budhi Warman II sebagai pelaksana, maksudnya disamping sebagai tuan rumah, SMA Budhi Warman II juga sebagai nara sumber atau pemateri.


Bimtek Penyusunan Program Kerja Sekolah bagi Kepala SMA Swasta se Jakarta Timur akhirnya dilaksanakan pada hari bimtek2Kamis, 26 Januari 2012 di SMA Budhi Warman II Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Drs.H.Syamsudin,MM selaku Kepala Sudin Dikmen Jakarta Timur dan Bapak Drs.Budiyanto,MM selaku Kepala Seksi SMA, sedangkan Kepala SMA Swasta Jakarta Timur yang hadir sebanyak 64 sekolah dari 85 sekolah.

Sebagai nama sumber Drs.Pujiyanto, Kepala SMA Budhi Warman II menjelaskan bawha program Kerja Sekolah (PKS) adalah mutlak karena PKS ibaratnya dalam sebuah perhelatan adalah sebagai Susunan Acaranya disamping juga bahwa PKS yang baik harus memenuhi sifat : 1 memiliki tingkat keterlaksanaan yang tinggi, 2. Realistis, efektif, efisien dan akuntable. Memiliki tingkat keterlaksanaan tinggi maksudnya bahwa kegiatan- kegiatan yang direncanakan harus sangat mungkin dilaksanakan.

Jadi tidak ada kesulitan berarti dalam pelaksanaannya, baik dari segi personil, teknis, waktu, dll.
Realistis maksudnya kegiatan yang direncanakan harus masuk akal atau logis, missal jika suatu sekolah tidak memiliki koleksi lukisan ya jangan merencanakan akan mengadakan pameran likusan, masa kita akan pinjam lukisan kesana kemari : Efektif & efisien maksudnya bahwa kegiatan yang direncanakan harus punya nilai guna bagi sekolah serta tidak memiliki sifat pemborosan atau biaya yang dikeluarkan besar tapi manfaatnya hanya sedikit. Sedangkan Akuntable maksudnya PKS harus bisa dipertanggung jawabkan. (Dokumentasi Kegiatan Bimtek).  

Link Terkait



SmartNews.Com

Link Kampus

1.gif2.gif3.gif4.gif5.gif6.gif
Switch mode views: