• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Artikel

Profil Yayasan

P E N G A N T A R

Lembaga pendidikan adalah suatu tempat yang memiliki fungsi mendidik putra-putri bangsa secara terencana, dinamis, dan kreatif; yang dilaksanakan secara holistic serta profesional edukatif. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan dan cita-cita pendidikan nasional secara umum dan lembaga pendidikan tersebut secara khusus, serta anak didik secara optimal. Fungsi mendidik para siswa dilakukan dalam rangka mengembangkan, membina, dan meningkatkan potensi, kompetensi, dan bakat peserta didik. Pengelolaan lembaga pendidikan sepatutnya dilakukan dalam/dengan kerangka-kerangka ilmiah, edukatif, dan relevan untuk mengembangkan dan meningkatkan peserta didik secara optimal, serta sekaligus menjadikan tolok ukur keberhasilan penyelengaraan fungsi dan lembaga pendidikan.

Yayasan Budhi Warman adalah sebuah lembaga formal berlokasi di Jakarta-Indonesia yang bergerak khususnya dibidang pendidikan, dan didirikan pada tanggal 15 januari 1968. Yayasan ini sementara mengasuh 5 lembaga sekolah umum tingkat menengah dan sebuah lembaga konsultan pendidikan atau EDC (Education Development Centre Indonesia); dalam rangka berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun masyarakat cerdas, tangguh, dan berbudi pekerti sesuai pembukaan UUD 1945 dan perilaku ajaran agama Islam.


R I W A Y A T S I N G K A T

Yayasan Budhi Warman didirikan di Jakarta-Indonesia pada tanggal 15 Januari 1968 Oleh Bapak Dr. Amir Yahya Harahap, M.Ed., dan Ibu Hj Nurhajati dengan tujuan membantu pemerintah dan berpartisipasi dalam mencerdaskan masyarakat dan kehidupan bangsa, mencipatakan masyarakat adil dan makmur, materil dan spiritual, serta mengembangkat bakat-bakat generasi muda dalam segala bidang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, serta menciptakan manusia yang berwatak dan bermental tinggi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Untuk mencapai maksud dan tujan tersebut, Yayasan Budhi Warman memulai usahanya dengan mendirikan SMA BUdhi Warman pada awal tahun 1968, sekolah malam dan kursus-kursus serta Budhi Warman College pada tahun 1970an, SMEA Maribaya tahun 1975, dan SMP Budhi Warman tahun 1975. Bersama dinamika perjalannya dan fokus kegiatannya di dalam bidang pendidikan selama puluhan tahun, Yayasan ini lebih dikenal sebagai Yayasan Pendidikan Budhi Warman.



T A H U N P E N D I R I A N S E K O L A H / L E M B A G A

1 SMA Budhi Warman I : 15 Januari 1968
2 SMK Budhi Warman I : 23 Desember 1975
3 SMP Budhi Warman : 27 Januari 1975
4 SMA Budhi Warman II : 02 Februari 1990
5 SMK Budhi Warman II : 02 Februari 1990
6 The EDC (The Education Development Center Indonesia ) : 09 November 2007

 

 

A R T I L A M B A N G

Lambang Yayasan Pendidikan Budhi Warman dilukiskan dengan gambar bintang, huruf V, serta gambar kapas dan padi dengan dasar hijau dalam segi lima mempunyai arti :

  • Segi lima melambangkan bahwa pelaksanaan sekolah yang berada di bawah asuhan Yayasan Pendidikan Budhi Warman berdasarkan Pancasila.
  • Gambar Bintang melambangkan bahwa seluruh personil dibawah naungan Yayasan Pendidikan Budhi Warman adalah manusia yang taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Huruf "V" adalah singkatan dari "Victoria" berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya kemenangan.
  • Gambar Padi berwarna kuning sebanyak tujuh belas buah serta gambar kapas berwarna putih dan hijau sebanyak delapan buah, mempunyai arti sandang dan pangan, sekaligus melambangkan tanggal dan bulan kemerdekaan negara kita.
  • Warna dasar hijau melambangkan keadilan.


Arti keseluruhan sebagai lambang ketaqwaan, keadilan dan kemakmuran. Dengan demikian para kader pembangunan yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Budhi Warman diharapkan dapat mengemban tugas Nasional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat mencapai negara yang adil dan makmur.

 

J E N J A N G P E N D I D I K A N / L E M B A G A

 

No Jenjang Pendidikan Terakreditasi

1

2

3

4

5

SMA Budhi Warman I

SMK Budhi Warman I

SMP Budhi Warman

SMA Budhi Warman II

SMA Budhi Warman II

A (Baik)

A (Baik)

A (Baik)

A (Baik)

A (baik)

     

Link Terkait



SmartNews.Com

Link Kampus

1.gif2.gif3.gif4.gif5.gif6.gif
Switch mode views: