• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Artikel

SEHAT DEMI INDONESIA MERDEKA

Lomba 17an 2015 6Adalah suatu fakta jika kita melihat anak-anak muda usia sekolah di Indonesia mayoritas mengalami sindroma kurang gerak, terutama anak-anak yang tinggal di perkotaan seperti Jakarta. Hal tersebut bisa disebabkan oleh minimal tiga hal. Pertama adalah kurangnya ruang gerak di kota yang sudah penuh sesak dengan bangunan dan manusia. Yang kedua disebabkan oleh banyaknya pilihan moda transportasi, dari mulai penggunaan sepeda motor sendiri, diantar-jemput mobil pribadi, sampai tersedianya bus sekolah. Dan yang terakhir adanya kecenderungan anak muda kota menghabiskan waktu dengan mainan barunya berupa smartphone atau tablet, karena begitu gampangnya gadget itu didapat dan cepatnya akses internet di perkotaan.

Menghadapi fakta sindroma seperti itu, SMA Budhi Warman 2 Jakarta dengan cerdik memecahkan problema tersebut dengan memanfaatkan momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70 dengan mengadakan lomba gerak jalan dan marathon jangka pendek (di masyarakat Internasional biasa dikenal dengan istilah "half marathon"). Maka pas jika tema kegiatan lomba tersebut adalah "sehat demi Indonesia merdeka."

 

Lomba 17an 2015 1

Lomba gerak jalan dan marathon tersebut memang hanya menempuh jarak pendek. Tidak seperti lomba gerak jalan dan marathon professional yang menjelajahi jarak hingga puluhan kilometer. Tetapi jarak 3 kilometer juga bukan jarak yang terlalu dekat. Jarak yang rasanya cocok dengan para amatir muda ini yang kebanyakan minim gerak dalam aktifitas sehari-harinya.

 

Lomba 17an 2015 2Dibagi dalam 3 check-point (titik pemeriksaan), lomba marathon dimulai lebih dulu. Kepala Sekolah SMA Budhi Warman 2 Jakarta, Bapak Drs. Pujiyanto, mengibarkan bendera start tepat pukul 06.30 WIB. Diikuti oleh 36 siswa putra-putri, dan start dari lapangan olahraga sekolah, mereka langsung melesat memacu langkah kaki menuju ke check-point pertama yang terletak di pertigaan jalan Kalisari dan jalan Lapan. Setelah diperiksa nomer pesertanya dan diberi sebotol air mineral oleh panitia, para pelari half-marathon yang mulai berkeringat ini segera menambah kecepatan menuju check-point 2, dan begitulah seterusnya, sampai akhirnya semua peserta satu-persatu finish di gerbang sekolah dengan wajah bugar dan hati bungah karena telah berhasil menyelesaikan lomba.

Lomba 17an 2015 4Sekitar 15 menit setelah para pelari marathon start, giliran berikutnya adalah grup gerak jalan dari kelas masing-masing. Untuk grup gerak jalan ini, masing-masing kelas dibagi dalam 2 kelompok, yaitu kelompok putra dan kelompok putri. Mereka mengayun langkah dengan rute dan jarak yang sama yang dilewati oleh para peserta lari marathon. Kekompakan gerak langkah kaki tidak masuk dalam kriteria penilaian. Yang penting adalah kelengkapan anggota tim, apakah ada yang tercecer dari barisan atau tidak, dan ketepatan waktu yang telah ditentukan oleh panitia.

Lomba 17an 2015 5Demikianlah cara SMA Budhi Warman 2 Jakarta memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke 70, dan strategi sekolah untuk membuat para siswa-siswinya sehat dan selalu bugar agar siap mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan darah dan airmata oleh para pahlawan bangsa. So, mari tetap menjadi bugar dan sehat demi kejayaan Indonesia tercinta ini. Merdeka !

 

Link Terkait



SmartNews.Com

Link Kampus

1.gif2.gif3.gif4.gif5.gif6.gif
Switch mode views: