• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Juara Pertama Lomba Mading 3D di Universitas Indonesia

juara lomba nihonNihon Fair adalah pre-event dari acara Gelar Jepang, yakni acara terbesar Himaja (Himpunan Mahasiswa Jepang) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) yang diselenggarakan rutin setiap tahun.Ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan, mulai dari lokakarya, lomba, pameran, hingga berbagai pertunjukan tradisi Jepang.

 

Setiap tahun pula siswa-siswi SMA Budhi Warman II Jakarta, yang tergabung dalam Japanese Club dengan mentornya yang akrab dipanggil Sensei Kurnia, mengirimkan anggautanya untuk berkompetesi dengan sekolah-sekolah lain di ajang bergengsi ini.

Untuk lomba cerdas-cermat Bahasa Jepang, wakil yang dikirimkan SMA Budhi Warman II Jakarta adalah: Rosalinda Adisty, Aulia Brahmantio Diaz, dan Yudho Prihatmoko. Sedangkan untuk Lomba Majalah Dinding 3 Dimensi diwakili oleh Chendy Gayatri, Nurul Mustika, Selfia Nurmayanti, dan Febri Andhika.

Dalam Nihon Fair atau Gelar Jepang 2014 ini SMA Budhi Warman II Jakarta dengan bangga membawa pulang piala Juara juara lomba nihon 2Pertama untuk Lomba Majalah Dinding 3 Dimensi. Tema lomba madingnya adalah tentang “SEIJIN SHIKI” atau “Upacara Kedewasaan di Jepang”

Chendy Gayatri, salah satu siswa yang mewakili lomba mading 3D menceritakan bahwa sepulang techniqal-meeting dari UI para siswa peserta lomba langsung bekerja keras, memikirkan tentang konsep dasar apa dari mading 3D yang akan dibuat. Setelah konsep dasar terpikirkan mereka pun mulai memadukan konsep-konsep yang ada di kepala kreatif mereka dan mulai menuangkannya pada lembar-lembar kertas gambar.

Setiap pulang sekolah mereka sibuk mengecat background mading, membuat gambar gunung Fuji (Fujiyama) sebagai latar, mengecat genteng untuk rumah-rumahan, dan membuat pohon sakura yang akan dipasang di tengah-tengah madingnya. Tangan- tangan mereka berlepotan dengan cat warna-warni, wajah meraka tampak kelelahan, tetapi senyum mereka menyunggingkan kepuasan bahwa kreatifitas mereka bisa terwujud seperti apa yang mereka harapkan.

Pada Hari Rabu, 19 maret 2014, pukul 2.00 siang, seluruh peserta lomba dari SMA Budhi warman II Jakarta mulai memasuki Gedung IX Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Mereka membawa mading 3D hasil karyanya yang ukurannya yang sangat besar, bahkan hampir saja tidak muat saat mau dimasukkan ke dalam mobil sekolah.

Jum’at 22 Maret 2014, mereka dipanggil ke kampus Universitas Indonesia kembali untuk pengumuman juara. Chendy menuturkan suasana pengumumannya saat itu, “saat panitia memberitahu juara 3, tetapi itu bukan kami, kami berpikir bahwa kami tidak akan mendapat juara. Lalu pengumuman juara ke 2, itu pun juga bukan kami, saat itu kami sudah pasrah, lemas rasanya memikirkan hasil kerja keras kami selama ini tidak memperoleh trophi . Tetapi, tiba-tiba, saat pengumuman juara pertama,panitia mengumumkan bahwa kami lah juaranya. Kami pun berteriak kegirangan, tidak terasa kalau air mata telah mambasahi pipi kami. Kami juara. Kami pulang membawa piala.”

Akhirnya, satu lagi piala berhasil dibawa pulang, dari puluhan piala yang sudah ada, oleh para siswa-siswi yang kreatif ini untuk dipersembahkan kepada SMA Budhi Warman II tercinta. Piala Juara Pertama. Gambatte. Budhi Warman Jaya.

 

Link Terkait



SmartNews.Com

Link Kampus

1.gif2.gif3.gif4.gif5.gif6.gif
Switch mode views: