• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Adm. Perkantoran

 

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

 

Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan

      Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

Visi

      Terwujudnya budaya kerja professional, menghasilkan tamatan berwawasan wira usaha yang dilandasi akhlak mulia serta mampu berkompetisi di era globalisasi.

Misi

Tujuan SMK Budhi Warman II Jakarta

  1. Menyiapkan siswa dengan ilmu pengetahuan, teknologi, keterampilan, dan akhlak mulia agar dapat mengembangkan diri secara berkelanjutan.
  2. Menyiapkan siswa dengan mental dan jiwa wirausaha agar mampu menghadapi tantangan dunia kerja.
  3.  Menyiapkan lulusan yangsesuai dengan bidang keahliannya agar mampu menciptakan lapangan kerja.
  4. Menyiapkan siswa supaya menjadi warga negara yang produktif, adaptif, dan kreatif

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan

Kompetensi Keahlian TKJ SMK Budhi Warman II Jakarta bertujuan membekali siswa untuk :

  1.  Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada TuhanYME.
  2. Melatih dan mendidik siswa agar menjadi warga negara yang bertanggungjawab.
  3. Melatih dan mendidik siswa agar menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan IPTEK dan berbudaya
  4. Mendidik siswa dengan keahlian dan ketrampilan dalam program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi pekerjaan yang ada di DUDI sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  5. Mendidik Siswa agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.
  6. Membekali siswa dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagaiuntuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi

Profil Kompetensi Lulusan Teknik Komputer Jaringan

Kompetensi umum Teknik

Mengacu pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 :

  1. Beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia,
  2. Sehat,
  3. Cakap, kreatif,
  4. Mandiri,
  5. Demokratis, dan
  6. Tanggung jawab

Tuntutan dunia kerja

  1. Disiplin
  2. Jujur dan
  3. Penuh Tanggung Jawab

Kompetensi Kejuruan Mengacu pada SKKNI

Kurikulum 2013 Revisi 2014

  1. Pemrograman Dasar
  2. Sistem Komputer
  3. Perakitan Komputer
  4. Simulasi Digital
  5. Sistem Operasi
  6. Jaringan Dasar
  7. Pemrograman Web
  8. Komputer Terapan
  9. Komunikasi Data
  10. Sistem Operasi Jaringan
  11. Administrasi Server
  12. Rancang Bangun Jaringan
  13. Jaringan Nirkabel
  14. Keamanan Jaringan
  15. Troubleshooting Jaringan
  16. Kerja Proyek

Kurikulum 2013 Revisi 2017

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital
  2. Komputer dan Jaringan Dasar
  3. Pemrograman Dasar
  4. Dasar Desain Grafis
  5. Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)
  6. Administrasi Infrastruktur Jaringan
  7. Administrasi Sistem Jaringan
  8. Teknologi Layanan Jaringan
  9. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah :

Dunia Usaha / Dunia Industri

Lingkup Pekerjaan

  • Toko Komputer
  • Teknisi komputer

Perkantoran

  • Teknisi komputer
  • Teknisi jaringan
  • Internet Service Provider (ISP)
  • Teknisi jaringan
  • Administrator Jaringan level 1
  • Administrator Jaringan level 2 & 3

Hotel dan Perbankan

  • Teknisi komputer
  • Teknisi jaringan
  • Administrator Jaringan level 1
  • Administrator Jaringan level 2 & 3

 

 

 

STRUKTUR DAN PEMBAGIAN JAM KURIKULUM 2017

         
               

3. Bidang Keahian : Teknologi Informasi dan Komunikasi

           

3.1 Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika

           

3.1.2 Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan

           

ALOKASI
WAKTU

           

A. Muatan Nasional

         

318

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

           

212

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

           

354

Bahasa Indonesia

           

424

Matematika

           

108

Sejarah Indonesia

           

352

Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya

           

B. Muatan Kewilayahan

         

1

Seni Budaya

108

         

2

Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan

144

         

Jumlah A dan B

2.020

         

C. Muatan Peminatan Kejuruan

         

C1. Dasar Bidang Keahlian

         

1

Simulasi dan Komunikasi Digital

108

         

2

Fisika

108

         

3

Kimia

108

         

C2. Dasar Program Keahlian

         

1

Komputer dan Jaringan Dasar

144

         

2

Pemrograman Dasar

144

         

3

Dasar Desain Grafis

180

         

C3. Kompetensi Keahlian

         

1

Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)

216

         

2

Administrasi Infrastruktur Jaringan

522

         

3

Administrasi Sistem Jaringan

488

         

4

Teknologi Layanan Jaringan

488

         

5

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

350

         

Jumlah C (C1, C2, dan C3)

2.856

         
 

Total

4.876

         
               
               
               

MATA PELAJARAN

KELAS

X

XI

XII

1

2

1

2

1

2

A. Muatan Nasional

           

1

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3

3

3

3

3

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

2

2

2

2

3

Bahasa Indonesia

4

4

3

3

3

3

4

Matematika

4

4

4

4

4

4

5

Sejarah Indonesia

3

3

-

-

-

-

6

Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya

3

3

3

3

4

4

B. Muatan Kewilayahan

           

1

Seni Budaya

3

3

-

-

-

-

2

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

2

-

-

 

Jumlah A dan B

24

24

17

17

16

16

C. Muatan Peminatan Kejuruan

           

C1. Dasar Bidang Keahlian

           

1

Simulasi dan Komunikasi Digital

3

3

-

-

-

-

2

Fisika

3

3

-

-

-

-

3

Kimia

3

3

-

-

-

-

C2. Dasar Program Keahlian

           

1

Komputer dan Jaringan Dasar

4

4

-

-

-

-

2

Pemrograman Dasar

4

4

-

-

-

-

3

Desain Grafis

5

5

-

-

-

-

C3. Kompetensi Keahlian

           

1

Teknologi WAN

-

-

6

6

-

-

2

AIJ

-

-

6

6

9

9

3

ASJ

-

-

6

6

8

8

4

TLJ

-

-

6

6

8

8

5

Produk Kreatifdan Kewirausahaan

-

-

5

5

5

5

 

Jumlah C (C1, C2, dan C3)

22

22

29

29

30

30

 

Total

46

46

46

46

46

46

 

Multimedia

Akuntansi

Link Terkait



Artikel Terkait

SmartNews.Com

Link Kampus

1.gif2.gif3.gif4.gif5.gif6.gif
Switch mode views: