• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Multimedia

 

A.       Tujuan Program Keahlian Multimedia

Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :

  1. Mengembangkan citra dan animansi digital, halaman/ web interaktif, merekam dan menyunting audio video;
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien;
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya;
  4. Memiliki keahlian dan keterampilan kompetensi multimedia untuk mengisi tenaga kerja tingkat menengah di dunia usaha maupun dunia industri;
  5. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetensi dan mengembangkan sikap profesional dalam kompetensi keahlian multimedia;
  6. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan.

Profil Kompetensi Lulusan Multimedia

Kompetensi umum

Mengacu pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 :

  1. Beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia,
  2. Sehat,
  3. Cakap, kreatif,
  4. Mandiri,
  5. Demokratis, dan
  6. Tanggung jawab

Tuntutan dunia kerja

  1. Disiplin, dan
  2. Jujur

Kompetensi Kejuruan Mengacu pada SKKNI

  1. Merakit Personal Computer + Laptop Mainten & Repair
  2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar
  3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3LH)
  4. Memahami alir proses produksi produk multimedia
  5. Mengoperasikan kamera & teknik pengambilan gambar produksi
  6. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam DKV untuk MM
  7. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
  8. Dasar-dasar animasi stop-motion (bidang datar)
  9. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian Multimedia
  10. Menggabungkan Fotografi Digital Ke Dalam Sajian Multimedia
  11. Mengoperasikan Software Video Editing
  12. Menerapkan efek khusus pada obyek produksi
  13. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip (3D)
  14. Mengelola isi halaman Web
  15. Menyusun proposal penawaran
  16. Pengantar periklanan
  17. Menggabungkan teks ke dalam sajian Multimedia
  18. Menggabungkan Audio ke dalam sajian Multimedia
  19. Story Board aplikasi Multimedia
  20. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya

Ruang Lingkup Pekerjaan

Ruang lingkup pekerjaan Kompetensi Multimedia meliputi bidang pekerjaan :

  1. Membuat animasi
  2. Merakit komputer
  3. Fotografi
  4. Merekam siaran

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

  1. Struktur Kurikulum

Program Studi Keahlian    : Teknik Komputer dan Informatika

Kompetensi Keahlian       : Multimedia

Lama Pendidikan              : 3 Tahun

Mata Pelajaran/ Kompetensi

Durasi Waktu (Jam)

  1. Normatif

1.1     Pendidikan Agama

1.2     Pendidikan Kewarganegaraan

1.3     Bahasa Indonesia

1.4     Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

1.5     Seni Budaya

192

192

360

192

128

  1. Adaptif

2.1     Bahasa Inggris

2.2     Matematika

2.3     Fisika

2.4     Ilmu Pengetahuan Alam

2.5     Ilmu Pengetahuan Sosial

2.6     KKPI

2.7     Kewirausahaan

440

516

276

192

128

202

192

  1. Produktif

3.1     Dasar Kompetensi Kejuruan

3.1.1        Merakit Personal Computer + Laptop Mainten & Repair

3.1.2        Melakukan instalasi sistem operasi dasar

3.1.3        Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3LH)

3.2     Kompetensi Kejuruan

3.2.1        Memahami alir proses produksi produk multimedia

3.2.2        Mengoperasikan kamera & teknik pengambilan gambar produksi

3.2.3        Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam DKV untuk MM

3.2.4        Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi

3.2.5        Dasar-dasar animasi stop-motion (bidang datar)

3.2.6        Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian Multimedia

3.2.7        Menggabungkan Fotografi Digital Ke Dalam Sajian Multimedia

3.2.8        Mengoperasikan Software Video Editing

3.2.9        Menerapkan efek khusus pada obyek produksi

3.2.10    Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip (3D)

3.2.11    Mengelola isi halaman Web

3.2.12    Menyusun proposal penawaran

3.2.13    Pengantar periklanan

3.2.14    Menggabungkan teks ke dalam sajian Multimedia

3.2.15    Menggabungkan Audio ke dalam sajian Multimedia

3.2.16    Story Board aplikasi Multimedia

3.2.17    Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya

60

20

60

30

192

288

192

192

480

384

360

384

288

192

96

60

64

192

192

60

  1. Muatan Lokal

4.1     Event Manajemen

4.2     Bahasa Jepang

56

192

  1. Pengembangan Diri

5.1     Ekstrakurikuler

5.2     Bimbingan karier

120

Jumlah

7088

SmartNews.Com

Link Kampus

1.gif2.gif3.gif4.gif5.gif6.gif
Switch mode views: