• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

KEMASAN ACARA YANG BERBEDA PADA PERINGATAN HARI GURU KE 69 DI SMA BUDHI WARMAN II JAKARTA

HUT PGRI 69 2

Setiap tanggal 25 November setiap tahunnya, hampir seluruh institusi pendidikan dasar dan menengah di Indonesia memperingati Hari Guru (Teacher’s Day) Nasional, yang juga adalah hari lahirnya organisasi guruyaitu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Dan setiap tahun pula SMA Budhi Warman II Jakarta memperingatinya dengan kemasan yang selalu penuh kejutan dan berbeda.

HUT PGRI 69 4

Kejutan pertama langsung terasa pada saat para siswa bersiap-siap mengikuti upacara peringatan Hari Guru ke 69 ini. Bukannya mereka melihat teman-teman mereka sendiri yang siap dan rapi menjadi petugas upacara, tetapi para siswa tersebut terkaget-kaget dan memberikan applaus dengan bertepuk tangan ketika mereka melihat guru-guru mereka berdiri dengan gagah dan rapi di depan setiap barisan peserta upacara.

HUT PGRI 69 5

Sebagai petugas upacara, para guru tersebut mengenakan seragam putih-hitam, berdasi merah menyala, berpeci dan bersarung tangan. Bapak wakakur (bid. Kurikulum) menjadi komandan upacara, bapak wakasis (bid. kesiswaan) masuk dalam barisan pengibar bendera, Ibu pembina OSIS menjadi komandan peleton (danton). Sedang para guru yang lain ada yang bertugas sebagai pembawa acara dalam dua bahasa (English-Indonesia), sebagai pembaca UUD 1945, paduan suara, dan begitu seterusnya dengan guru-guru yang lain HUT PGRI 69 7

Mereka melakukan itu sebagai wujud pengabdian dan pelayanan kepada para siswa di hari istimewa, Hari Ulang Tahun Guru (Teacher’s Day). Para siswa pun mengapresiasinya dengan luar biasa. Mereka mengagumi, menyalami , berterima kasih dan sangat terharu, bahkan banyak diantara mereka yang menangis, atas pengabdian dan pelayanan dari para gurunya. Sungguh mencerminkan hubungan yang tulus dan ikhlas antara para siswa dan gurunya.

HUT PGRI 69 6

Tidak hanya itu saja, kejutan berikutnya juga muncul setelah upacara selesai. Dalam hitungan menit, para guru berganti kostum. Dari yang semula memakai seragam petugas upacara, mereka berganti kostum dengan cepat berubah menjadi anak-band, karena para guru kemudian menghibur para siswa secara live dan unplug meyanyikan lagu-lagu gaul favorit mereka by-request (atas permintaan para siswa).

HUT PGRI 69 18

Setelah kejutan demi kejutan yang lain yang betul-betul memaukau para siswa, pada kejutan terakhinya para guru pun berubah semua menjadi pemain teater. Dengan mengenakan kostum seragam ala-siswa, para guru menyajikan drama-komedi-musikal yang menceritakan romantisme (suka-duka) kegiatan sehari-hari menjadi siswa di sekolah. Ada siswa yang suka terlambat dan lupa mengerjakan PR, ada siswa yang SPP-nya tidak dibayarkan ke sekolah karena uangnya sudah habis buat beli bakso bareng teman-temannya, dan lain-lain.

Dan tentu saja para siswa pun tidak mau ketinggalan untuk menghibur para guru dan para siswa teman-teman sejawatnya di hari istimewa ini. Serangkaian kegiatan dan penampilan pun mereka persembahkan. Ada penampilan spontanitas dari masing-masing kelas, pembacaan puisi, dance, stand-up comedy, teater, tari dan masih banyak lagi.

HUT PGRI 69 16

Keseluruhan rangkaian acara Hari Guru ke 69 di SMA Budhi Warman II Jakarta diakhiri dengan acara santap siang bersama dengan pemotongan tumpeng. Karena demikian banyaknya para siswa dan guru, tidak mungkin acara santap siang bersama ini dilaksanakan di satu aula, maka dengan terpaksa untuk para siswa acara santap siangnya dilakukan di kelas masing-masing. Sedang para guru tetap dilaksanakan di aula besar SMA Budhi Warman II Jakarta.

HUT PGRI 69 13

Viva Para Guru Indonesia, Viva Dunia Pendidikan Indonesia. Happy Teacher’s Day.

 

Link Terkait



SmartNews.Com

Link Kampus

1.gif2.gif3.gif4.gif5.gif6.gif
Switch mode views: