• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

PENGUMUMAN KELULUSAN SMA


logo bw kecil
YAYASAN PENDIDIKAN BUDHI WARMAN

SEKOLAH MENENGAH ATAS

SMA BUDHI WARMAN II

Terakreditasi A

Jl. Raya Bogor KM. 28 Pekayon, Pasar Rebo - Jakarta Timur 13710

E-mail :  smabudhiwarman2Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. @gmail.com, Website : www.budhiwarman2.com

Telp. 8711833 Fax. 8705582

SURAT KEPUTUSAN
No. 3077/SKL/SMA BW.2/V/2017

TENTANG

KELULUSAN SISWA SMA BUDHI WARMAN II JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MENIMBANG

:

  1. Bahwa dengan telah selesainya pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 maka pihak sekolah harus mengambil keputusan kelulusan bagi peserta didik.
  2. Bahwa untuk melaksanakan hal tersebut pada butir (a) perlu ditetapkan dalam suatu surat keputusan.

MENGINGAT

:

  1. Kurikulum SMA Budhi Warman II Tahun 2013
  2. Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017
  3. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Daerah, Ujian Nasional dan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan Tahun Pelajaran 2016/2017
  4. Pengarahan Pengawas Paket Sekolah.

MEMPERHATIKAN

:

  1. Nilai Akhir (NA) atau Nilai Sekolah (NS) sebagai hasil pembelajaran dari Peserta Didik
  2. Hasil rapat dewan guru pada tanggal, 28 April 2017

MENETAPKAN

:

  1. Peserta Didik yang namanya tersebut pada kolom 2 (dua) dinyatakan LULUS atau TIDAK LULUS seperti tertera pada kolom 6 (enam).
  2. Apabila dalam keputusan ini terdapat kekeliruan akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di            : Jakarta

Kepala Sekolah

SMA Budhi Warman II Jakarta

TTD

Drs. MARZUQI, M.Si

Tembusan :
  1. Yth. Bapak Ketua Yayasan Budhi Warman
  2. Arsip.
 
 
 
Catatan
*klik kalimat bergaris bawah serta miring untuk 
mengetahui kelulusan Ujian Akhir
 

KEPALA SEKOLAH PUN IKUT BERMAIN DRAMA UNTUK MENGHIBUR SISWA SISWINYA

drama hut pgri 1Pada skrip awal drama-komedi-musikal yang akan digelar pada Peringatan Hari Guru (Teacher's Day) ke 69 di SMA Budhi Warman II Jakarta, tahun 2014, nama beliau sama sekali tidak tercantum sebagai pemain. Tetapi pada saat beliau menyaksikan para guru mengadakan latihan perdana bersama, beliau pun dengan spontan menyatakan keinginannya untuk menjadi salah satu pemain.

"Saya ikut dong," kata beliau waktu itu. "Saya juga ingin ikut menghibur mereka (siswa-siswi)." Maka sang sutradara drama para guru ini pun putar otak untuk memasukkan nama beliau di line-up pemain drama-komedi-musikal yang berjudul "Romantika Belajar Anak SMA."

Kenapa beliau yang satu ini sampai kami muat khusus di artikel website ini? Why bother? Jawabannya ada dua. Pertama, beliau adalah Bapak Drs. Pujiyanto, kepala sekolah SMA Budhi Warman II Jakarta. Yang kedua, sebagai kepala sekolah, beliau rela menyempatkan diri dan memposisikan diri sebagai pemain drama komedi yang isi ceritanya lucu-lucuan dan konyol-konyolan.

drama hut pgri 2"Saya jangan dipasang sebagai protagonist (tokoh yang baik) ya," pinta beliau kepada sang sutradara. "Tapi saya ingin jadi antagonist (tokoh yang jahat; dalam hal ini murid yang bandel)."

Maka, dalam salah satu sub-plot (bagian cerita) yang khusus ditulis untuk Bapak Kepala Sekolah ini dikisahkan bahwa beliau memerankan seorang murid yang bernama Ma’il yang bandelnya luar biasa, super bandel. Pekerjaan rutinnya di kelas kalau tidak mengisengi teman-temannya, dia pasti sedang bengong melamun dari pagi sampai sore pulang sekolah cuma memikirkan pacarnya.

Pada satu adegan, sang guru (Mister Faried) mengabsen murid-muridnya. Pada saat nama Ma’il dipanggil, tidak ada sahutan. Dipanggil sekali kali lagi, sama saja tetap tidak ada sahutan. Padahal si murid bandel ini ada di dalam kelas, duduk di kursi paling belakang pojok kanan menyandar ke tembok. Dia sedang melamun, matanya kosong menerawang udara hampa.

Ketika Mister Faried mau memanggil namanya sekali lagi, ada salah satu murid yang berbisik kepadanya,"Pak, manggilnya jangan Ma’il, tapi Titin. Pacarnya."

Karena kesal, tanpa bertanya Mister Faried pun langsung mempraktekkan jurus dari salah satu muridnya itu. "Baiklah. Bapak ulangi lagi. Nomer absen 13, Titin, hadir atau absen."

drama hut pgri 4Walaupun teman-teman sekelasnya bingung dengan nama asing yang tidak ada dalam buku daftar hadir kelas mereka, tapi murid yang bernama Ma’il sontak bangkit dari tempat tidur, eh maaf, tempat duduknya. Dengan mata berbinar dan senyum lebar, si Ma’il murid bandel ini menyahut, "Hadir, Pak. Saya Titin hadir, Pak."

Begitu juga pada adegan saat Mister Faried memeriksa buku PR milik Ma’il. Bukannya jawaban-jawaban bahasa Inggris yang ada di buku PR Ma’il, tapi isinya adalah gambar-gambar dan kata-kata cinta untuk sang kekasih, Titin.

"Oalah, Ma’il, Ma’il," ratap Mister Faried dengan suara pasrah. "Kalau kamu tidak pernah belajar begini besok kamu mau jadi apaaa?"

Tapi dengan suara yakin dan mantap Ma’il menjawab, "Saya mau jadi kepala sekolah, Pak?"

Seketika mata Mister Faried terbelalak, dan langsung terduduk lemas di kursinya. drama hut pgri 5

Itulah sepenggal bagian dari adegan yang diperankan oleh Kepala Sekolah SMA Budhi Warman II Jakarta, Bapak Drs. Pujiyanto. Selain menjadi kepala sekolah yang hebat, beliau ternyata punya potensi luar biasa sebagai pemain drama.

"Pengen jadi artis juga ya, Pak?" begitu sambut siswa-siswinya sambil menyalami tangan beliau saat pementasan drama-komedi-musikal itu usai.

Ma’il, eh Bapak Drs. Pujiyanto pun tersenyum puas karena telah berhasil menghibur siswa-siswinya yang tertawa terpingkal-pingkal melihat aktingnya di perhelatan peringatan Hari Guru SMA Budhi Warman II Jakarta.

Pekan UTS (Ujian Tengah Semester) SMA Budhi Warman 2 Jakarta Tahun Ajaran 2014

uts2014 2Ulangan Tengah Semester atau biasa disingkat UTS adalah kegiatan yang dilakukan oleh para guru untuk mengukur pencapaian kompetensi para siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama setengah semester atau sekitar 8 minggu. Cakupan ulangan meliputi seluruh KD (Kompetensi Dasar) yang telah diajarkan pada periode waktu tersebut.

Berdasarkan Kalender Akademik 2014/2015, SMA Budhi Warman 2 Jakarta telah melaksanakan PEKAN UTS yang dilaksanakan dari tanggal 06 s/d 11 Oktober 2014. Pelaksanaannya dilakukan pada jam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) seperti biasa, dari jam ke 1 s/d ke 9, tetapi maksimal hanya 3 mata-pelajaran per hari. Selanjutnya, proses KBM tetap berlangsung seperti biasa pada jam di luar pelaksanaan UTS tersebut.

Diantara beberapa tujuan dari diadakannya UTS adalah:

1. Mengukur pencapaian kompetensi para siswa setelah proses pembelajaran selama setengah semester.
2.  Memantau kemajuan belajar para siswa setelah setengah semester.
3.  Menentukan nilai hasil belajar para siswa setelah proses pembelajaran beberapa KD.
4.  Melakukan perbaikan pembelajaran pada setengah semester berikutnya.

Kemudian, setelah selesai melaksanakan kegiatan Ulangan Tengah Semester Ganjil tahun pelajaran 2014/2015 ini, para wali kelas akan membagikan raport sementara, atau ada yang mengenalnya sebagai raport bayangan.

uts2014 3Raport sementara/ bayangan ini nilainya diambil dari hasil UTS, dimana nantinya akan digunakan untuk mengetahui kemajuan para siswa secara individual sehingga para guru dapat memberikan perhatian lebih bagi mereka yang mengalami kemunduran dalam proses belajar. Selain itu, agar para guru mendapatkan umpan balik dari para siswa atas proses pendidikan yang telah dilaksanakan sehingga para guru memiliki referensi yang akurat atas kemampuan para siswa dalam proses belajar.

uts2014 6Menurut schedule yang telah ditetapkan, pembagian raport sementara/ bayangan di SMA Budhi Warman 2 Jakarta, baik untuk kelas 10, 11 dan 12, akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 08 Oktober 2014, dari mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.

 

KEMASAN ACARA YANG BERBEDA PADA PERINGATAN HARI GURU KE 69 DI SMA BUDHI WARMAN II JAKARTA

HUT PGRI 69 2

Setiap tanggal 25 November setiap tahunnya, hampir seluruh institusi pendidikan dasar dan menengah di Indonesia memperingati Hari Guru (Teacher’s Day) Nasional, yang juga adalah hari lahirnya organisasi guruyaitu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Dan setiap tahun pula SMA Budhi Warman II Jakarta memperingatinya dengan kemasan yang selalu penuh kejutan dan berbeda.

HUT PGRI 69 4

Kejutan pertama langsung terasa pada saat para siswa bersiap-siap mengikuti upacara peringatan Hari Guru ke 69 ini. Bukannya mereka melihat teman-teman mereka sendiri yang siap dan rapi menjadi petugas upacara, tetapi para siswa tersebut terkaget-kaget dan memberikan applaus dengan bertepuk tangan ketika mereka melihat guru-guru mereka berdiri dengan gagah dan rapi di depan setiap barisan peserta upacara.

HUT PGRI 69 5

Sebagai petugas upacara, para guru tersebut mengenakan seragam putih-hitam, berdasi merah menyala, berpeci dan bersarung tangan. Bapak wakakur (bid. Kurikulum) menjadi komandan upacara, bapak wakasis (bid. kesiswaan) masuk dalam barisan pengibar bendera, Ibu pembina OSIS menjadi komandan peleton (danton). Sedang para guru yang lain ada yang bertugas sebagai pembawa acara dalam dua bahasa (English-Indonesia), sebagai pembaca UUD 1945, paduan suara, dan begitu seterusnya dengan guru-guru yang lain HUT PGRI 69 7

Mereka melakukan itu sebagai wujud pengabdian dan pelayanan kepada para siswa di hari istimewa, Hari Ulang Tahun Guru (Teacher’s Day). Para siswa pun mengapresiasinya dengan luar biasa. Mereka mengagumi, menyalami , berterima kasih dan sangat terharu, bahkan banyak diantara mereka yang menangis, atas pengabdian dan pelayanan dari para gurunya. Sungguh mencerminkan hubungan yang tulus dan ikhlas antara para siswa dan gurunya.

HUT PGRI 69 6

Tidak hanya itu saja, kejutan berikutnya juga muncul setelah upacara selesai. Dalam hitungan menit, para guru berganti kostum. Dari yang semula memakai seragam petugas upacara, mereka berganti kostum dengan cepat berubah menjadi anak-band, karena para guru kemudian menghibur para siswa secara live dan unplug meyanyikan lagu-lagu gaul favorit mereka by-request (atas permintaan para siswa).

HUT PGRI 69 18

Setelah kejutan demi kejutan yang lain yang betul-betul memaukau para siswa, pada kejutan terakhinya para guru pun berubah semua menjadi pemain teater. Dengan mengenakan kostum seragam ala-siswa, para guru menyajikan drama-komedi-musikal yang menceritakan romantisme (suka-duka) kegiatan sehari-hari menjadi siswa di sekolah. Ada siswa yang suka terlambat dan lupa mengerjakan PR, ada siswa yang SPP-nya tidak dibayarkan ke sekolah karena uangnya sudah habis buat beli bakso bareng teman-temannya, dan lain-lain.

Dan tentu saja para siswa pun tidak mau ketinggalan untuk menghibur para guru dan para siswa teman-teman sejawatnya di hari istimewa ini. Serangkaian kegiatan dan penampilan pun mereka persembahkan. Ada penampilan spontanitas dari masing-masing kelas, pembacaan puisi, dance, stand-up comedy, teater, tari dan masih banyak lagi.

HUT PGRI 69 16

Keseluruhan rangkaian acara Hari Guru ke 69 di SMA Budhi Warman II Jakarta diakhiri dengan acara santap siang bersama dengan pemotongan tumpeng. Karena demikian banyaknya para siswa dan guru, tidak mungkin acara santap siang bersama ini dilaksanakan di satu aula, maka dengan terpaksa untuk para siswa acara santap siangnya dilakukan di kelas masing-masing. Sedang para guru tetap dilaksanakan di aula besar SMA Budhi Warman II Jakarta.

HUT PGRI 69 13

Viva Para Guru Indonesia, Viva Dunia Pendidikan Indonesia. Happy Teacher’s Day.

 

2 Tim Mading SMA Budhi Warman 2 Jakarta Memborong 2 Piala Utama Pada Lomba Mading "All About Jakarta"

mading 2Pada tanggal 15 Juni 2014, tim mading (majalah dinding) SMA Budhi Warman 2 Jakarta mengikuti lomba mading yang dinamai INPART 51 BOOMING yang diadakan oleh SMAN 51 Jakarta.

Tim mading SMA Budhi Warman 2 mengirimkan 2 tim sekaligus, yaitu: tim A dan tim B. Tim A terdiri dari 4 anak, masing-masing adalah Sri Devi, Rati Tia, Luthfi, dan Rusmana sebagai ketua. Sedangkan tim B dikomandoi oleh Cendy Gayatri dengan anggotanya: Nurul Mustika, Aulia B. Diaz dan Rosalinda Adisti.

Lomba mading bertema "ALL ABOUT JAKARTA" ini betul-betul menantang anak-anak BW 2 untuk berkreasi habis-habisan karena kompetitornya saja berjumlah 30 tim dari berbagai sekolah menengah di Jakarta Timur. mading 1

Maka begitu kedua tim mendapatkan ijin dari kepala sekolah untuk mengikuti lomba ini, mereka pun langsung mendaftarkan diri dan segera berpikir keras dan kreatif tentang materi apa saja yang akan mereka tampilkan di mading nanti.

Salah satu persyaratan yang paling menantang dari panitia lomba mading ini adalah bahwa setiap tim harus bisa menyelesaikan karya madingnya dalam waktu hanya 2 jam saja. Lewat dari waktu yang sudah ditentukan, maka tim peserta lomba akan langsung didiskualifikasi. Selain itu, di dalam mading yang berukuran 1m x 80 cm itu harus tercakup sebuah artikel atau berita menarik terbaru tentang Jakarta. Kemudian juga harus ada karya kreatif berupa cerpen, puisi, karikatur, dan komik yang semua harus dibuat sendiri oleh para anggota tim dan harus selesai pada saat itu juga. Tidak boleh mencontoh, tidak boleh menjiplak, dan tidak boleh meniru ide dari tim peserta yang lain. mading 7

Walaupun waktu untuk menunggu pengumuman hasil pemenang terlalu lama, memakan waktu satu bulan, namun (alhamdulillah) hasilnya tidak begitu mengecewakan. Dua tim  mading SMA Budhi Warman 2 Jakarta berhasil menyabet 2 piala utama sekaligus. Tim A menjadi juara ke 2, dan tim B menjadi juara ke 3.mading

Para juara itu akhirnya menitipkan pesan kepada teman-teman agar selalu berkarya dan berkreasi semaksimal mungkin karena SMA Budhi Warman 2 Jakarta adalah tempat yang menyediakan berbagai fasilitas dan bimbingan agar siswa-siswinya tumbuh menjadi generasi yang penuh kreatifitas.

Link Terkait



SmartNews.Com

Link Kampus

1.gif2.gif3.gif4.gif5.gif6.gif
Switch mode views: