• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Presentasi LLS dan Cibodas

sri badugaSecara rutin, setiap tahun, SMA Budhi Warman II Jakarta mengadakan kegiatan akademik di luar ruang kelas, yaitu: Lomba Lintas Sejarah (history cross competition) untuk kelas X dan Studi Lapangan (study field) untuk kelas XI. Lomba Lintas Sejarah kegiatannya dipusatkan di Taman Mini Indonesia Indah, sedangkan untuk Studi Lapangan kegiatannya diadakan di Desa Cibodas, Lembang, Bandung.

Kegiatan Lomba Lintas Sejarah sendiri berlangsung hanya satu hari, sementara kegiatan Studi Lapangan berlangsung selama dua hari. Tetapi kegiatan tersebut tidak hanya selesai sampai disitu saja. Yang lebih seru dan sangat ditunggu-tunggu, baik oleh para siswa peserta maupun para guru pembimbing, adalah presentasi dari 2 kegiatan tersebut, dimana SMA Budhi Warman II Jakarta memberi kesempatan kepada perwakilan siswa masing-masing kelas dan masing-masing jurusan (IPA & IPS) untuk berkompetisi mempresentasikan hasil kegiatannya tersebut.


Walaupun SMA Budhi Warman II tidak mensyaratkan presentasi 2 kegiatan tersebut harus menggunakan bahasa Inggris, tetapi para siswa dengan antusias selalu memilih menggunakan bahasa Inggris dalam menyampaikan presentasinya. Mereka beralasan bahwa presentasi dalam bahasa Inggris tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris saja, tapi sekaligus juga latihan mental, dan latihan meningkatkan rasa percaya diri.
Pada hari Sabtu, tanggal 22 Februari 2014, tibalah hari presentasi. Perasaan mereka pun campur-aduk antara deg-degan, optimis dan antusias karena hari yang sangat dinanti-nantikan oleh setiap peserta akhirnya tiba.


Dalam presentasi itu masing-masing peserta membawa alat bantu peraga. Anak-anak IPA membawa tanah liat, karena mereka akan memperlihatkan bagaimana cara membuat gerabah seperti yang mereka kunjungi di Plered. Sementara anak-anak IPS membawa papan pengepak manual, sayuran dan buah-buahan karena mereka akan memperagakan bagaimana mengepak buah dan sayuran seperti yang mereka saksikan di Desa Cibodas, Lembang, Bandung. Sesi presentasi dibatasi hanya berlangsung 30 menit saja untuk setiap peserta. Ditambah tanya jawab selama 15 menit. Tanya jawab antara para juri, peserta dan dewan guru yang hadir pun berlangsung dalam bahasa Inggris.

Setelah acara selesai, para peninjau dari YPBW (Yayasan Pendidikan Budhi Warman) dan EDC yang diundang sebagai tamu pun menyatakan kekaguman bahwa siswa-siswi SMA Budhi Warman II Jakarta memiliki kreativitas tinggi dan didukung oleh bahasa inggris yang sangat baik.

Link Terkait



SmartNews.Com

Link Kampus

1.gif2.gif3.gif4.gif5.gif6.gif
Switch mode views: