• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

Liputan Khusus GET 2013

Sembunyikan Tabel Indeks

Indeks Artikel

  1. Liputan Khusus GET 2013 (Anda berada disini)
  2. Hari Pertama
  3. Hari Kedua
  4. Hari Ketiga
  5. Gallery Gambar

get 6Kegiatan Global Educational Trip (GET I) yang pertama kali dilakukan oleh SMA Budhi Warman 2 jakarta telah dilaksanakan pada tanggal 10 – 12 Desember 2013. Kegitan ini merupakan kegiatan rintisan yang digunakan sebagai salah satu kegiatan yang memberikan pengalaman studi ke luar negeri kepada peserta didik dengan kemasan kunjungan ke lembaga pemerintah dan institusi pendidikan yang berada di Malaysia dan Singapura, selain memberikan pengalaman observasi dan interaksi langsung dengan budaya dan penduduk kedua negara tersebut.

Kegiatan GET I ini melibatkan 25 siswa/i sebagai peserta kegiatan dan 7 orang guru pembimbing. Dengan demikian jumlah peserta dan guru yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 32 orang. Berbagai pengalaman yang mungkin tidak akan pernah bisa dilupakan dan menjadi kenangan bagi seluruh peserta dan guru yang mengikuti kegiatan ini, akan menjadi bagian dari proses pembelajaran yang tidak akan dijumpai dalam KBM di sekolah. Suka dan duka, kegembiraan dan tantangan yang dijumpai selama perjalanan mewarnai kegiatan ini dan menjadi catatan yang sukar terhapus dari ingatan.

 Selama perjalanan, peserta mendokumentasikan rangkaian kegiatan, peristiwa baru, unik dan menarik yang menjadi fenomena spesial dalam hidup mereka. Terjadi banyak get 31perubahan sikap dan mental yang terlihat pada peserta GET I, yang semula takut, bingung, gugup ketika berada di beberapa titik kegiatan, berubah menjadi percaya diri, berani mencoba untuk menjadi yang terdepan dan setidaknya berusaha untuk bersosialisasi dengan orang-orang dari negara tetangga. Beberapa prilaku yang selama ini dianggap biasa, berubah menjadi hal yang tidak biasa bahkan setidaknya membentuk kesadaran bahwa apa yang mereka lakukan selama ini adalah sesuatu yang salah dan harus diperbaiki agar mereka bisa bergaul secara baik dengan warga dunia lainnya.

Waktu kegiatan yang dirasakan sangat singkat (hanya 3 hari) oleh peserta, menyebabkan sebagian besar ingin kembali ke Malaysia dan Singapura. Bahkan beberapa peserta dari kelas XII yang merasa waktu yang tersisa sebagai siswa SMA Budhi Warman tidak lama lagi mengajukan pernyataan khusus kepada panitia agar mereka tetap diberikan kuota sebagai peserta untuk kegiatan GET berikutnya (GET II), karena faktanya memang merekalah yang menjadi perintis kegiatan GET I. Mereka bahkan meminta destinasi baru yang lebih jauh dan lebih menantang dibandingkan Malaysia dan singapura.

Mendengar hal tersebut tentu membahagiakan dan membanggakan kami segenap panitia dan pihak sekolah, sekaligus menjadi tantangan baru yang menjanjikan masa depan SMA Budhi Warman 2 Jakarta. Keinginan yang kuat untuk tidak hanya mengeksplorasi berbagai negara tetapi juga kemauan untuk menimba ilmu dari negara yang dikunjungi menjadikan kegiatan ini semakin bernilai bagi peserta GET I. Mudah-mudahan hal ini akan meningkatkan semangat belajar dan keinginan yang kuat dalam diri peserta GET untuk mampu bersaing dengan warga dunia setidaknya bersaing dengan negara-negara ASEAN dan ASIA.


 

Kegiatan Global Educational Trip (GET I) Hari Pertama
(Selasa, 10 Desember 2013)

get 2Hari pertama, Selasa 10 Desember 2013, seluruh perserta berkumpul di lapangan SMA Budhi Warman 2, pada pukul 04.30 WIB. Sesuai rencana, peserta dan guru pembimbing sudah berkumpul di sekolah pukul 04.00 WIB. Rombongan tiba di terminal 3 bandara Soekarno-Hatta pukul 05.30 dan karena pada hari itu jumlah penumpang pesawat di terminal 3 sangat banyak akhirnya panitia memutuskan untuk melakukan chek in group. Pukul 6.30 rombongan selesai chek in dan boarding pada pukul 07.00 WIB. Pesawat meninggalkan bandara Soekarno-Hatta pukul 07.35 WIB dan mendarat dengan mulus di bandara LCCT Kuala Lumpur pukul 10.30 waktu Malaysia.

Perjalanan darat di Malaysia dimulai dari LCCT menuju Putrajaya untuk istirahat, sholat dan makan. Setelah selasai, pukul 14.00 kami melanjutkan perjalanan menuju KBRI di Kuala Lumpur. Tiba di KBRI pukul 15.00, rombongan diiringi hujan yang sangat deras perlahan memasuki lobby KBRI dan dipersilahkan get 5masuk ke ruang sidang oleh staf Kedutaan. Tak berapa lama Prof. Rusdi (atase pendidikan KBRI) memasuki ruangan dan memberikan penjelasan mengenai KBRI dan seluk beluk pendidikan di Malaysia serta sistem pendidikan di sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Berikutnya Pihak SMA BW 2 yang diwakili Drs. H. Ahyar Sihombing, M.Pd memberikan sambutan yang dilanjutkan dengan tanya jawab oleh peserta GET. Dua orang siswa dan Dua orang guru pembimbing menyampaikan pertanyaan dan diberikan penjelasan oleh Prof. Rusdi. Setelah pertemuan dengan Atase Pendidikan KBRI selesai, rombongan berfoto di lobby dan teras KBRI. Selesai berfoto, rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju KLCC dan Batu Caves.
Tiba di Batu caves, hujan rintik-rintik belum juga reda. Akhirnya beberapa orang peserta dan guru pembimbing dengan semangat Indonesia Bisa menaiki 276 anak tangga menuju Batu Caves dalam keadaan gerimis, sementara yang lainnya hanya berfoto-foto di get 10sekitar pelataran Batu Caves dan Patung Dewa Murugan yang sangat terkenal. Di sini selain melihat keindahan alam dan lanskap Batu caves, kami juga melihat harmoni antara agama Islam sebagai agama mayoritas dan agama Hindu sebagai agama terbesar kedua.

Pukul 18.30, rombongan diantar bis yang telah disewa, menuju Sentral Kuala Lumpur. Agak lama Bis yang kami sewa mencari tempat parkir yang layak karena pada saat itu lalu lintas sangat ramai karena bersamaan dengan jam pulang kantor. Setelah mendapatkan tempat yang memungkinkan, rombongan turun dari bis dan memasuki Sentral Kuala Lumpur (KL Sentral). Di sini guru pembimbing berbagi tugas, sebagian guru membimbing peserta untuk sholat dan makan sedangkan panitia GET I mengupayakan transportasi tercepat untuk mencapai KLCC dimana Petronas twin Tower berada. Setelah membeli token sejumlah peserta, panitia kembali menghampiri peserta dan membimbing peserta menggunakan MRT menuju KLCC yang berjarak 2 stasiun dari KL Sentral.
get 13Sesampainya di KLCC, peserta langsung memuaskan hasrat berfotonya di depan menara kembar Petronas sebagai latar utama, di samping mengambil gambar beberapa gedung tinggi di sekitar KLCC. Sayang kami tidak punya cukup waktu untuk mampir ke pasar seni Kuala Lumpur yang terkenal dengan souvenir murahnya, karena rombongan harus kembali ke KL Sentral untuk melanjutkan perjalanan ke Singapura dengan Kereta api.

Pukul 22.30 kami naik ke dalam kereta api malam Senandung Sutera. Kembali panitia melakukan pengecekan dan membantu peserta yang belum menemukan tempatnya duduk dan tempat tidurnya. Uniknya, kereta malam Senandung Sutera ini dilengkapi dengan tempat tidur bertingkat yang sangat nyaman, sehingga peserta yang kecapaian menjelajahi Kuala Lumpur dari pagi sampai malam bisa tidur nyenyak dengan enak. Sweet dream, guys.


Kegiatan Global Educational Trip (GET I) Hari Kedua
(Rabu, 11 Desember 2013)

get 21Pukul 06.30, peserta Global Educational Trip (GET I) SMA Budhi Warman II Jakarta keluar dari kereta malam Senandung Sutera dan berjalan menuju Woodland Imigration Gate. Setelah mengisi form kedatangan, kami secara berkelompok melewati pintu imigrasi.

Keluar dari stasiun, para peserta beristirahat dan sarapan pagi di Woodland Trade Centre. Kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Woodland Regional Centre untuk get 19membeli Eazy link. Setelah mendapatkan Eazy link, rencananya kami akan singgah di Singapore Science Centre, tetapi sebagian besar peserta meminta rombongan untuk langsung menuju ke Hostel di Bugis.

Tiba di Hostel pukul 13.15, pihak hostel menerima kami dengan ramah dan membagi tempat tidur peserta. Setelah itu kami membersihkan diri, sholat dan makan di kedai makanan halal dekat hostel. Beberapa siswa tidak sabar untuk mengetahui area sekitar hostel yang cukup nyaman karena berada di area pedestrian yang tidak dilalui kendaraan bermotor. Bahkan ada kelompok siswa yang berani untuk mengeksplorasi area yang lebih jauh hingga Bugis Trade centre. Luar Biasa. Ternyata peserta sudah mulai percaya diri dan diselimuti rasa ingin tahu yang besar hingga berani untuk mencapai tempat yang lebih jauh dari hostel dan mencoba transportasi yang aman, nyaman dan canggih yang tersedia di Singapura.

Sore hari, sekitar pukul 16.00, rombongan terbagi menjadi 2 kelompok karena kunjungan ke Singapore Science Centre tidak jadi dilaksanakan karena keterbatasan waktu. Sebagian peserta menuju Bugis Centre dan sebagian menuju Marina Bay Sand dan Merlion. Di Marina Bay Sand peserta dibuat takjub dan kagum melihat danau kecil yang sedikit lebih besar dari Situ Pedongkelan itu bisa disulap menjadi daerah wisata yang indah, bersih dan nyaman. Bahkan mnjadi salah satu icon wisata Negara Singapura.

Pada pukul 20.00 kami kembali ke hostel dan melakukan diskusi mengenai hasil catatan peserta selama 2 hari kegiatan. Setelah diskusi dan koordinasi untuk kegiatan esok hari, kamipun beristirahat.


Kegiatan Global Educational Trip (GET I) Hari Ketiga
(Kamis, 12 Desember 2013)

Pukul 07.00 waktu Singapura, rombongan sudah bersiap untuk sarapan pagi dan mengunjungi objek selanjutnya. Sebagian peserta menuju Marina Bay sand dan Merlion (para peserta yang pada hari kedua belum sempat mengunjungi, atau peserta yang ingin mengunjungi lagi, karena tempatnya so beautiful, so amazing). Sedangkan yang lainnya get 26menuju Bugis Trade centre. Beli souvenir buat keluarga, saudara, atau kolega.
Rombongan sepakat untuk kembali ke hostel pukul 11.00 untuk check out dari hostel. Setelah sholat dhuhur di Masjid Sulthan, kemudian makan siang dan packing, rombongan meninggalkan hostel menuju Arab Street dimana bis yang akan membawa rombongan ke Sekolah Indonesia Singapura sudah (SIS) menunggu.

Di dalam bis, panitia kembali melakukan pengecekan jumlah peserta dan barang bawaan. Syukurlah semua sudah lengkap dan akhirnya bis berjalan menuju Sekolah Indonesia Singapura di bilangan Siglap Road. Di sana kami di terima dengan baik oleh staf pengajar sekolah tersebut. Setelah mendapatkan penjelasan dan melakukan tanya jawab, akhirnya kamipun berpamitan. Namun tentu saja, kami get 27menyempatkan diri untuk berfoto bersama guru-guru Sekolah Indonesia Singapura (SIS).

Pada pukul 16.00, rombongan SMA Budhi Warman II Jakarta meninggalkan Sekolah Indonesia Singapura (SIS) menuju Bandara Changi. Sekitar 1 jam kemudian kami tiba di bandara, namun karena waktu check in masih cukup lama, akhirnya peserta diberikan waktu untuk berkeliling di sekitar bandara. Suasana bandara, interior dan fasilitas yang ada sangat jauh berbeda dengan bandara Soekarno-Hatta di Indonesia. Seluruh peserta sangat menikmati suasana bandara Changi.

Tiba saatnya para peserta GET I ini harus masuk ke dalam pesawat setelah melalui pemeriksaan X-Ray. Sambil bergurau mereka saling berbagi cerita pengalaman mereka masing-masing. Di dalam pesawat mereka terus bergurau dan berjanji suatu saat mereka akan kembali ke Malaysia dan Singapura, bahkan ada yang berniat kuat untuk melanjutkan pendidkan tinggi di Singapura. Beberapa dari mereka terlihat gembira, namun tidak sedikit yang menyayangkan waktu 3 hari yang menurut mereka kurang untuk mengeksplorasi 2 negara ASEAN yang sudah sangat maju itu, yaitu Malaysia dan Singapura. Kami pun meyakinkan mereka bahwa mereka pasti bisa kembali bahkan mungkin bisa menjangkau negara yang lebih jauh, jika mereka belajar sungguh-sungguh dan mengambil manfaat dari perjalanan perdana ini. We’ll be back, guys.


Klik Disini untuk melihat Gallery gambar GET 2013

 

Link Terkait



SmartNews.Com

Link Kampus

1.gif2.gif3.gif4.gif5.gif6.gif
Switch mode views: