• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

GET, PERJALANAN MENABUNG INSPIRASI (MEMORY INVESTMENT TRIP)

Insya Allah, pada tanggal 9 Mei 2016 ini, 17 anak muda Indonesia, yang juga merupakan para siswa SMA Budhi Warman 2 Jakarta, akan memulai perjalanan panjang menjelajah negara ASIA, dimulai dari Singapura, Hong Kong, dan Macau. Dan mereka baru akan menjejakkan kaki di negeri sendiri pada tanggal 14 Mei 2016 nanti.

GET INVEST 2Perjalanan panjang ini adalah sebuah perjalanan berbasis pendidikan, bukan perjalanan  berbasis belanja-belanja dan hura-hura. Ketujuh belas siswa ini akan mengamati secara langsung kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh negara-negara tetangga di kawasan ASIA ini. Mereka akan mengunjungi kampus-kampus yang termasuk terbaik di ASIA. Meraka juga akan melihat koleksi museum-museum, baik museum seni, sejarah maupun science, yang juga termasuk terlengkap di ASIA. Dan sebagai bonus, para anak muda ini juga akan mengekplorasi desain sebuah theme-park terbesar di dunia, yang di ASIA cuma ada di dua negara, yaitu di Hong Kong dan di Jepang. Nama wahana tersebut adalah Disneyland.

Ide perjalanan berbasis pendidikan yang diberi nama GET (Global Educational Trip) ini sesungguhnya terinspirasi oleh perjalanan para anak muda visioner yang pernah hidup dan masih hidup di negara-negara ASIA ini.

GET INVEST 1Dua diantara beberapa yang akan disebut dalam artikel ini adalah perjalanan anak-anak muda Jepang ke negara-negara Eropa pada masa Restorasi Meiji dalam rangka jalan-jalan melihat-lihat kemajuan ke snegara-negara Eropa. Dari perjalanan yang semula bukan dilakukan untuk tujuan serius ternyata berubah menjadi perjalanan yang sangat inspiratif bagi anak-anak muda Jepang tersebut. Mata para anak muda itu menjadi terbuka melihat dunia luar yang kemajuannya sudah meninggalkan jauh kemajuan negara mereka sendiri. Maka kemudian mereka melakukan perjalanan-perjalanan  berikutnya dengan membawa pulang sistem hukum, sosial,  budaya, dan teknologi untuk diadaptasi dan dimodifikasi sehingga bisa membuat negara Jepang setara bahkan dalam beberapa hal lebih unggul dari negara-negara yang pernah dikunjungi oleh para anak muda pada era Restorasi Meiji tersebut.

Kemudian, ada juga perjalanan seorang anak muda dari China, yang kebetulan seorang pemandu wisata dan guru bahasa Inggris, ke negara Amerika Serikat. Tepatnya ke kota Seattle, kota dimana berdiri sebuah perusahaan online yang bernama Amazon.com. Salah satu perusahaan online terkemuka di Amerika Serikat, bahkan di dunia.

Perjalanan tersebut sangat berkesan bagi anak muda Cina yang baru pertama kali mengadakan perjalanan ke luar negerinya. Terutama kesan tentang perusahaan Amazon.com yang di Cina belum ada padanannya. Sekembali ke negaranya anak muda tersebut termotivasi membuat perusahaan serupa yang di Cina belum ada. Akhirnya perusahaan itu semakin besar bukan hanya di negaranya, tapi melampaui perusahaan-perusahaan serupa di dunia, bahkan sekarang melampaui kebesaran perusahaan Amazon.com yang pernah dilihatnya di Amerika. Nama anak muda itu adalah Yong Ma dan nama perusahaannya adalah Alibaba.com. Tidak ada seorang pun yang familiar dengan dunia online yang tidak kenal dengan nama tersebut.

Maka tidak salah kalau banyak ahli yang mengatakan bahwa traveling is memory investment, atau terjemahan bebasnya adalah bahwa mengadakan perjalanan melihat dunia itu sesungguhnya adalah sebuah investasi yang tidak sia-sia yang suatu saat bisa berguna untuk apa saja sebagaimana investasi lain pada umumnya.

Itulah yang dilakukan para siswa SMA Budhi Warman 2 Jakarta selama ini. Dari mulai GET 1, GET 2, dan kali ini GET 3. Awalnya hanya mengamati negara-negara ASEAN, sekarang mulai merambah ke negara-negara ASIA. Sejatinya mereka sedang menabung inspirasi, pengalaman, dan ingatan (memori) yang suatu saat akan menjadi pemantik motivasi guna membangun negeri atau menjadi pribadi-pribadi tangguh yang mandiri, minimal bagi dirinya sendiri, karena "travelling is memory investment."

Link Terkait



SmartNews.Com

Link Kampus

1.gif2.gif3.gif4.gif5.gif6.gif
Switch mode views: