• Font size:
  • Decrease
  • Reset
  • Increase

MENGUNJUNGI HKU ( HONGKONG UNIVERSITY ) RANGKING 1 DI HONG KONG, RANGKING 28 DI DUNIA.

HKU 1Melihat reputasi kampusnya, tidak banyak sekolah menengah di Indonesia yang diberi kesempatan untuk mengunjungi kampus paling top di ASIA ini, yaitu HKU (Hong Kong University). Tetapi, para siswa peserta GET (Global Educational Trip) SMA Budhi Warman 2 Jakarta diundang khusus oleh HKU untuk mengunjungi kampusnya. Tidak tanggung-tanggung, pada tanggal 11 Mei 2016, para siswa peserta GET ini disambut secara istimewa selama 2 jam, dari jam 10 pagi sampai jam 12 siang waktu setempat, padahal di HKU sendiri pada waktu itu sedang berlangsung examinition period, atau kalau di Indonesia lebih dikenal dengan istilah UAS (Ujian Akhir Semester).

Selain admission talk yang dimoderatori oleh Miss Geneva yang membicarakan tata cara menjadi mahasiswa HKU, para peserta GET juga diberi kesempatan melakukan campus tour yang dipandu oleh 3 mahasiswa sebagai school ambassador yang disediakan oleh pihak kampus HKU. Kami diajak melihat fasilitas-fasilitas yang ada di kampus seperti perpustakaan dengan ribuan judul buku yang mayoritas berbahasa Inggris, museum kampus yang penuh dengan koleksi benda-benda antik Cina kuno, laboratorium canggih yang penuh dengan peralatan-peralatan modern, sampai ke kantin mahasiswa dengan menu lokal dan internasional untuk memenuhi kebutuhan makanan para mahasiswa dari berbagai negara.

 

HKU 4Sementara dari sisi prestasi, HKU bukanlah kampus sembarangan. Kalau cuma rangking 1 di negaranya, semua negara juga pasti punya kampus yang paling hebat di negaranya sendiri. Tetapi HKU bukanlah tipe jago kandang. Kampus yang luasnya sekitar 53 hektar ini secara keseluruhan berada di rangking 28 terbaik di dunia (QS World University Rangkings, 2014/2015). Bahkan jika dilihat per fakultas, prestasi HKU lebih dahsyat lagi: rangking 2 terbaik di dunia untuk fakultas kedokteran, rangking 6 terbaik di dunia untuk fakultas pendidikan, rangking 10 terbaik di dunia untuk fakultas Tehnik. Sedang untuk yang terbaik di ASIA, fakultas ekonominya menduduki rangking 1 (The Economist MBA Rangking 2010-2014).

HKU 5Para siswa peserta GET ini tidak berhenti berdecak kagum mendengar angka statistik rangking HKU dan melihat realitanya di lapangan di kampus yang mahasiswanya berdatangan dari seluruh penjuru dunia ini. Sayangnya tidak banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di kampus ini. Mereka menyaring dengan sangat ketat para mahasiswa yang akan belajar disini. HKU sendiri hanya menerima mahasiswa asing sebanyak 10 persen setiap tahun ajaran barunya, itupun harus diperebutkan oleh para mahasiswa terbaik dari seluruh dunia, yang menurut ukuran standar Indonesia nilai UN (Ujian Nasional)nya rata-rata minimal harus 85 untuk semua mata pelajaran.

HKU 6Semogalah setelah kunjungan ini para siswa SMA Budhi Warman 2 Jakarta semua, khususnya para peserta GET yang melihat sendiri kampus dan sistem pembelajaran di University of Hong Kong (HKU) ini, tumbuh motivasi belajarnya secara signifikan untuk bisa sejajar dengan para calon mahasiswa dari seluruh dunia untuk bersaing masuk ke HKU, atau kampus-kampus terbaik lainnya di kawasan ASIA, dan bukan hanya menjadi jago di negeri sendiri seperti yang terjadi selama ini.

Link Terkait



SmartNews.Com

Link Kampus

1.gif2.gif3.gif4.gif5.gif6.gif
Switch mode views: